Installasi dan Stting Internet Menggunakan NANO Bridge M5 (Installation and Sting Internet Using NANO Bridge M5)

Setelah 2 bulan melahsanakan tugas PKL di sebuah perusahaan ISP (JATARA), kali ini saya barau sempat mendokumentaikan apa yang saya dapat. Hal yang sering sekali saya dapat yaitu memasang internet di tempat client berada. langsung saja di bawah adalah alat-alat yang digunakan.



  1. Antena NANO Bridge M5
  2. POE
  3. 2 kabel UTP
  4. dan Laptop untuk  setting
Hal pertama kali yang harus di lakukan ialah, hubungkan alat tersebut dengan benar sehingga dapat terkoneksi denga baik. Stelah terkoneksi dengan baik hal yang pokok yaitu menyetting radio agar terkoneksi dengan Akses Point yang akan kita tembak sbagai source.

Berikut langkah-lagkah setting radio tersebut :


  1. Setting IP komputer dengan network id 192.168.1 dengan host id selain .20 karena ip 192.168.1.20 merupakan IP default dari radio tersebut. contoh yang saya berikan ialah IP 192.168.1.25
  2. Lalu cek koneksi komputer ke radio menggunakan comand prompt 
  
    3. Stelah itu kita akan memulai setting dengan menggunakan web browser dengan mengetikkan ip                      default dan tampil sebagai berikut



       untuk masuk menggunakan username dan pasword ( ubnt ) katena ubnt merupakan default.
Setelah bisa masuk dengan tampilan seperti ini
Lalu kita akan mencari (scan) SSID atas Acces Point dengan klik menu Select pada sebelah kanan isian SSID dan akan muncul tab seperti ini
Setelah SSID kescan langkah selanjutnya ialah klik tombol radio buttonnya dan copy MAC Address nya lalu select. Disini kita sudah terkoneksi dengan AP Sektoral. Untuk transmit data yang bagus maka kita harus mendapatkan sinyal dengan cara Pointing (meluruskan titik pancar radio ke AP Sektoral), gambarnya sebagai berikut.
Dalam pointing di perlukannya polarisasi radio kita. Polarisasi radio ada dua macam yaitu vertikal dan horizontal. Polarisasi Vertikal dibutuhkan jika ketinggian posisi antena kita berbeda dengan BTS, sedangakan Polarisasi Horizontal dibutuhkan jika ketinggian sama dengan ketinggian BTS katena polar ini bersifat melebar.
Untuk bisa terkoneksi dengan internet maka kita membutuhkan IP yang dialiri  bandwidth oleh source kita. Dengan cara menyetting Network radio kita. 
Itu gambar setelah kita klik menu Network. Selanjutnya masukkan IP yang kita dapatkan dari source kita dan klik select pada bagian bawah sendiri dan apply pada bagian atas. Dan selesai instalasi kita. hehe
Selanjutnya saya akan bagikan juga cara setting agar radio tersebut tidak hanya sebagai BRIDGE melainkan juga sebagai ROUTER. Di tungguya stay on my blog :).

Comments

Popular posts from this blog

CARA TINGKATKAN VIEWERS. LIKE, SUBCRIBE, FOLOWERS YOUTUBE, IG, TWITER DLL

cara membobol password WiFi/Hotspot yang menggunakan halaman Login (Login Page) Dengan Software TMAC v5 R3 (how to break WiFi password / Hotspot using Login page (Login Page) With TMAC Software v5 R3)